Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Kategori Affiliate Marketing Program di Internet

 

Program pemasaran afiliasi banyak diminati oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis online dengan tanpa memiliki produk sendiri. Beberapa kategori affiliate marketing program di internet ini adalah Pay Per Sale (PPS), Pay Per Lead (PPL) dan Pay Per Click (PPC).

Pay Per Sale (PPS) adalah salah satu jenis  affiliate marketing program dimana merchant akan memberi komisi uang untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi atas rekomendasi dari member afiliasi.

Besarnya komisi yang diterima oleh seorang member afiliasi PPS berupa prosentase dari harga produk (biasanya bisa sampai 75% dari harga produk) dan angka nominalnya umumnya jauh lebih besar dibanding dengan kategori ” affiliate marketing program ” yang lain.

Pertimbangan kenapa komisi lebih besar karena mengajak orang untuk mau membeli jauh lebih sulit dibandingkan dengan mengajak orang untuk mengisi formulir aplikasi pemesanan. Beberapa contoh program afiliasi jenis ini di internet antara lain Amazon.com, eBay.com, Clickbank.com dan Paydotcom.com

Pay Per Lead (PPL) adalah jenis program pemasaran afiliasi dimana merchant akan membayar komisi uang kepada member afiliasi yang bisa mengarahkan atau mengajak pengunjung website  untuk mengisi formulir aplikasi pemesanan online.  Komisi akan tetap dibayarkan meskipun pada akhirnya tidak terjadi pembelian oleh pengunjung yang telah mengisi formulir pemesanan.

Meskipun komisi uang yang didapat oleh member afiliasi lebih kecil dibanding program PPS, tetapi PPL bisa dibilang lebih mudah karena hanya mengajak pengunjung mengisi aplikasi pemesanan online. Contoh PPL di dunia offline adalah sales kartu kredit yang akan mendapatkan komisi dari aplikasi yang sudah diisi oleh calon pengguna meskipun pada akhirnya kartu kredit tersebut urung digunakan. Contoh program afiliasi jenis ini di internet adalah DirectLeads.com

Pay Per Click (PPC) adalah jenis program pemasaran afiliasi dimana merchant akan membayar komisi uang untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung di website atau blog milik member afiliasi. Iklan PPC yang muncul di website atau blog member afiliasi bisa berupa kontekstual ataupun banner.

Program PPC ini sangat diminati oleh pemilik website atau blog karena dengan hanya menempatkan iklan orang lain yang kemudian di-klik oleh pengunjung, pemilik website atau blog akan mendapatkan komisi uang dari pemilik program PPC tanpa peduli apakah akan ada transaksi jual beli yang dihasilkan dari klik tersebut.

Google Adsense adalah salah satu contoh program PPC yang paling favorit saat ini dan banyak sekali membernya. Selain itu masih banyak program pemasaran afiliasi jenis ini di internet antara lain Bidvertiser.com dan Fastclick.com.

Seperti pada bahasan sebelumnya tentang artikel yang berjudul program afiliasi, penghasilan tambahan modal kecil dari internet, bahwa pihak-pihak yang terlibat dalam program pemasaran afiliasi adalah Penjual atau Merchant, Member Afiliasi sebagai perantara dan Pembeli sebagai pihak yang membeli produk merchant atas rekomendasi member afiliasi. Jadi jika Anda mendaftar pada program afiliasi, maka Anda adalah seorang member afiliasi.

Manakah jenis affiliate marketing program yang sesuai dengan  Anda?

Untuk menjawab pertanyaan diatas tentunya tidak mudah karena tiap orang mempunyai minat dan bakat yang berbeda-beda. Cara terbaik adalah pilihlah sumber penghasilan yg cocok dengan jiwa, hobi, minat, kesukaan, keahlian, cita-cita, atau latar belakang masing-masing, kemudian lakukan riset bisnis kecil-kecilan.

Berikut beberapa Tips yang perlu Anda pertimbangkan agar bisa memilih jenis affiliate marketing program di internet :
  • Jika Anda tipe orang yang suka melayani konsumen, berkomunikasi, berpendapat, dan pandai meyakinkan orang lain tentang suatu hal atau suatu produk sementara Anda belum mempunyai produk sendiri, maka program pemasaran afiliasi jenis Pay Per Sale (PPS) atau Pay Per Lead (PPL) sangat cocok untuk Anda tekuni.
  • Jika Anda suka menulis, tapi tidak suka melayani konsumen, tidak suka follow up prospek, lebih baik memilih program pemasaran afiliasi jenis Pay Per Click (PPC). Anda hanya membuat tulisan tentang topik tertentu yang bermanfaat di website atau blog, lalu memasang iklan PPC. Jika ada pengunjung yang klik iklan yang ada di website atau blog Anda, maka Anda akan mendapat komisi dollar atau rupiah dari si pemilik program.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang beberapa kategori dalam affiliate marketing program ini lengkap dengan tips-tips pemilihan dan strategi untuk menghasilkan duit dari internet, silakan baca 7 rahasia website untuk pemula.

Bagaimana dengan Anda, akankah melewatkan peluang besar di bisnis affiliate marketing program ini ? Mari kita diskusikan lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "Beberapa Kategori Affiliate Marketing Program di Internet"