Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Makan Sehat untuk Wanita Karir, 17 Cara Ini Wajib Anda Coba!


Anda tipikal wanita karir super sibuk dengan se-abrek deadline? Masalah yang seringkali dihadapi wanita karir adalah pada asupan makanannya. Setiap waktu dikejar deadline sehingga jenis makanan yang dikonsumsi tidak begitu diperhatikan nutrisinya. Contohnya saja makanan cepat saji yang berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Bekerja sekeras apapun, tanpa menjaga kesehatan, Anda tidak akan bisa menikmati hasilnya. Berikut tips makan sehat yang cocok untuk wanita karir super sibuk.

1. Sarapan

Baiklah, tips makan sehat kali ini dibuka dengan perbincangan mengenai Sarapan. Sarapan sangat dianjurkan sebab ini berperan penting mengatur sirkulasi gula dalam darah serta mencukupi kebutuhan energi sebelum kembali beraktivitas.

Noted: hindari sarapan yang sarat karbohidrat dan gula.

Adapun tips makan sehat untuk sarapan adalah sebagai berikut;
  • Makanan yang mengandung banyak karbohidrat kompleks seperti oatmeal, serela, sayur dan buah.
  • Makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah.
  • Makanan kaya protein seperti susu almond, yoghurt, telur, susu sapi, dan biji-bijian.
  • Makanan kaya lemak sehat seperti kelapa, alpukat, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.
2. Kunyah Makanan Perlahan

Tips makan sehat ini sering kita dengar namun seringpula dilupakan. Takayuki Yamaji, seorang ahli jantung Universitas Hiroshima di Jepang menyatakan bahwa;

Mengunyah lebih lambat adalah terobosan gaya hidup yang membantu menekan meningkatnya sindrom metabolic.

Ketika seseorang makan dengan cepat, mereka cenderung tidak gampang kenyang dan bahkan makan berlebihan. Makan dengan cepat meningkatkan fluktuasi glukosa yang berpotensi menyebabkan resistensi insulin (yang berkaitan dengan diabetes).

Beberapa manfaat mengunyah makanan secara perlahan adalah menurunkan potensi obesitas,  masalah metabolisme, menekan potensi penyakit stroke, jantung, dan diabetes.

3. Sedia Snack Sehat

Data yang dirilis Nielsen menyebutkan bahwa industri cemilan yang ada di US mencapai angka yang fantastis, 33 milliar dollar Amerika Serikat dimana masing-masing kediaman membelanjakan pendapatannya untuk cemilan sebanyak 133 dollar setiap tahunnya.

Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan konsumsi cemilan di sela-sela kegiatan utama masyarakat. Konsumsi cemilan ini meningkat sebanyak 24 persen dibandingkan 5 tahun yang lalu.

Kemanapun Anda bepergian, bawalah persiapan snack sehat. Bawalah buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil, atau oatmeal dan jus. Makanlah snack setiap 3 jam sekali agar tidak over eating saat jam makan tiba. Ini akan membantu Anda menjaga kadar glukosa tubuh agar tetap stabil.

4. Hindari Order Makanan Di luar

Memasak makanan sendiri  di rumah jauh lebih aman dan lebih sehat dibandingkan dengan membeli  di restoran maupun delivery order.

Dibandingkan tahun lalu, delivery order saat ini meningkat drastis hingga 18 persen. Adapun jenis makanan yang biasa di pesan secara online adalah makan malam saat orang sudah capek sepulang kerja.

Data menunjukkan bahwa, mereka yang seringkali memesan delivery order adalah yang berpendapatan lebih dan berusia dibawah 35 tahun. Mereka memanfaatkan aplikasi pemesanan makanan via online. Tidak hanya di Amerika, di Indonesia saat ini sudah banyak gojek yang terkoneksi dengan delivery makanan.

Karena situasi yang mendukung itu, wajar saja gangguan kesehatan semakin meningkat. Data di Amerika menyebutkan bahwa, sebanyak 75 persen kadar sodium yang dikonsumsi masyarakat setempat berasal dari makanan yang dipesan di restoran atau makanan olahan dengan rata-rata jumlah kalori 200 persen lebih banyak.

Adapun kadar sodium yang harus dikonsumsi setiap hari adalah tidak lebih dari 2300 miligram untuk yang berusia dibawah 50 tahun. Bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun harus membatasinya sampai pada 1500 miligram saja. Di Amerika, rata-rata penduduk mengonsumsi sodium hingga 3400 miligram setiap hari.

5. Kontrol Asupan Garam

Garam berpotensi meningkatkan risiko hipertensi, jantung, dan stroke, Kematian akibat penyakit stroke dan jantung di Amerika meningkat setiap tahunnya di America. Adapun kadar sodium yang dikonsumsi adalah 71 persen diperoleh dari makanan olahan dan makanan yan dipesan di restoran.

Solusinya? Masak sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Dari 10 anak di Amerika, 9 diantaranya dinyatakan kelebihan sodium. Dan, 1 diantara 9 anak tersebut terdeteksi kelebihan tekanan darah.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih adalah tips kesehatan yang sama sekali tidak bisa ditinggalkan.  Manfaatnya banyak dan hampir tidak ada kerugian sama sekali jika kita mengonsumsi air putih. Teknisnya adalah, minum air putih 20 menit sebelum makan, atau satu jam setelahnya.

Hindari konsumsi air putih sebelum makan sebab ini akan menggangu sistem pencernaan Anda. Selain itu, hindari minum air dingin yang meningkatkan kontraksi usus dan lambung serta memperlambat kinerja sistem pencernaan Anda.

Secara detail, manfaat konsumsi air putih adalah;
  • Kecukupan energi.
  • Pencernaan lancar.
  • Konsentrasi tetap terjaga.
7. Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Kenapa makanan kemasan tidak baik untuk dikonsumsi? Sebab makanan jenis ini umumnya sarat akan pewarna, garam, gula, pengawet, perasa buatan dan sebagainya. Kandungan tersebut tidaklah baik bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus.

8. Hindari Terlalu Banyak Minum Kopi

Karena begitu banyak deadline, Anda mungkin sering menahan kantuk dengan cara mengonsumsi kopi. Kopi bukanlah minuman yang direkomendasikan sebab ini berpotensi membebani kinerja organ hati dan memiliki sifat diuretic.

Sifat diuretic adalah sifat yang mempercepat pembentukan urine. Wajar sekali jika Anda sering ngopi akan sering pula buang air kecil. Kadar gula darah tidak stabil salah satunya disebabkan karena konsumsi kopi.

Organ hati adalah organ yang vital bagi tubuh. Fungsi organ ini adalah untuk menyaring racun agar tubuh terhindar dari bermacam penyakit. Bisa dipastikan, saat tubuh mengonsumsi banyak kopi, potensi terserang penyakit akan meningkat dan berat badan pun meningkat drastis.

Hindari kopi dan konsumsi minuman alternatif yang lebih sehat seperti;
  • Teh ginseng untuk membantu tingkatkan energi dalam tubuh
  • Teh akar dandelion bantu menangkis racun
  • Teh peppermint bantu kurangi sakit perut
  • Teh oolong bantu atasi berat badan
  • Teh hijau bantu tingkatkan konsentrasi.
9. Hindari Konsumsi Alkohol

Tips makan sehat bagi para wanita karir adalah bebas alcohol. Alasannya, alcohol menyebabkan mabok, nafsu makan meningkat, dan dehidrasi. Adapun alternatif minuman yang disarankan adalah air lemon. Manfaat air lemon diantaranya adalah untuk bantu turunkan berat badan, detoksifikasi racun, tingkatkan jumlah energi, tingkatkan sistem imun tubuh dan melancarkan pencernaan.

Hingga kini, satu dari delapan penduduk Amerika berjuang melawan kecanduan alkohol. Di negara ini, tingkat kecanduan alkohol kian buruk dan menghabiskan dana milliaran dollar untuk rehabilitasi dan biaya medis mencapai 223 dollar Amerika Serikat.

Meskipun minuman beralkohol tersebut rendah alkohol, namun jika dikonsumsi terus menerus berpotensi menyebabkan masalah kerongkongan, leher dan kepala, dan kanker payudara. Anda yang tidak ingin bermasalah dengan penyakit itu, dan ingin memiliki tubuh fit saat bekerja, terapkan tips makan sehat yang satu ini.

10. Sebisa Mungkin Hindari Makanan Putih dari Hasil Olahan

Beberapa makanan putih hasil olahan, seperti roti putih, nasi putih, saus putih dan pasta putih harus dihindari. Makanan tersebut secara serat dan nutrisi telah berkurang karena proses pengolahan yang dilakukan. Altrenatifnya, konsumsilah nasi merah, gandum utuh, dan saus tomat jika dibandingkan saus putih yang kaya akan sodium dan lemak jenuh.

11. Perhatikan Proses Pengolahan Makanan

Baik saat menyiapkan masakan di rumah, maupun saat memesan makanan di restoran, perhatikan cara memasaknya. Usahakan memilih makanan yang dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, dikukus, atau direbus.

Adapun jenis pemrosesan makanan yang wajib dihindari adalah makanan yang diproses dengan dimasak menggunakan panas tinggi dan ditambah dengan minyak, dengan cara di goreng, atau dan ditaburi keju kemudian dipanaskan menggunakan salamander. Proses pengolahan ini identik dengan tingginya kadar kalori dan lemak dalam menu makanan tersebut.

12. Konsumsi Makanan yang Segar

Tips makan sehat untuk wanita karir selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi makanan yang segar, contohnya adalah ikan, sayur, buah, daging, kacang dan gandum segar. Untuk snack sehatnya, silahkan membawa potongan buah dan sayur atau kacang-kacangan saat berangkat ke kantor.

13. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Terlalu banyak makan berdampak pada melambatnya proses pencernaan makanan. Senada dengan itu, banyak makan meningkatkan berat badan dan berpotensi menyebabkan diabetes. Berhenti makan jika perut sekiranya sudah terisi 80 persennya. Beri jeda selama 10 menit jika masih lapar dan ingin makan lagi.

Melambatnya kinerja sistem pencernaan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit serius termasuk diabetes mellitus.

14. Hindari Telat Makan

Metabolisme tubuh melambat di malam hari. Usahakan makan sebelum jam 8 malam. Tujuannya adalah agar tubuh berkesempatan memproses makanan dengan baik dan aracun terdetoksifikasi secara sempurna. Dengan demikian, potensi terjadinya obesitas pun menurun.

15. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Tips makan sehat selanjutnya yang mudah untuk Anda terapkan adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur kaya akan serat yang bagus bagi kesehatan. Konsumsi buah-sayur segar dan berwarna-warni. Terlebih dahulu, cuci hingga bersih agar buah bebas zat kimia berbahaya seperti halnya pestisida yang mengganggu kesehatan.

16. Perbanyak Konsumsi Suplemen

Tidak seorang pun memiliki nutrisi sempurna pada tubuhnya meski yang bersangkutan mengonsumsi asupan yang baik setiap hari. Ada cukup banyak bahan kimiawi yang melekat pada nutrisi yang kita konsumsi.

Saat bekerja,  banyak faktor yang rawan menyebabkan stres hingga mengganggu kesempurnaan nutrisi yang ada dalam tubuh. Solusinya, perbanyak konsumsi supplemen seperti probiotik, multivitamin, vitamin B kompleks, vitamin yang kaya akan omega 3, dan minyak ikan yang berperan penting tingkatkan konsentrasi, memperbaiki kinerja otak, dan mereduksi stres.

Kebutuhan nutrisi yang diperlukan setiap orang tidak sama. Anda bisa konsultasikan ini pada ahlinya untuk mendapatkan rekomendasi supplemen yang cocok.

17. Porsi Kecil Tetapi Sering

Saat sedang lapar, kita akan makan dengan lahap dalam porsi yang besar. Coba split porsi yang besar itu menjadi beberapa bagian lalu konsumsilah lebih sering. Cara ini mencegah keinginan untuk ngemil terus menerus dan agar metabolisme dalam tubuh berjalan lebih baik lagi.

Tips makan sehat diatas bantu Anda meningkatkan fokus dan konsentrasi saat bekerja. Kesehatan Anda adalah prioritas. Untuk itu, selalu motivasi diri untuk memulai hidup sehat dan konsisten menjalaninya. Tips diatas bantu Anda seimbangkan antara kerja dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk " Tips Makan Sehat untuk Wanita Karir, 17 Cara Ini Wajib Anda Coba!"