Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sukses Berbisnis di Usia Muda, Yuk Terapkan 10 Jurus Jitu Berikut Ini!


Saat ditanya, apakah kita ingin menjadi pelopor atau pengekor? Pelopor identik dengan merancang bisnis sendiri sedangkan pengekor adalah dengan bekerja untuk orang lain. Seandainya kita punya nyali lebih, memiliki modal, dan memiliki keberanian, kita akan memilih untuk menjadi pelopor bisnis dan menjadi owner bisnis yang kita kelola sendiri, bukan begitu?.

Banyak orang memiliki keinginan untuk berbisnis. Sayangnya, keinginan itu tidak direalisasikan lantaran adanya rasa cemas apakah bisa menaklukkan rasa takut akan kegagalan dan tidak cukup berani untuk beralih dari profesi sehari-hari yang monoton dan mulai berbisnis.

Menerobos pintu ketakutan tersebut dan beraksi dengan memulai berbisnis menurut saya adalah tahapan yang paling berat dan harus ditaklukkan. Banyak orang maju mundur pada tahapan ini. Mereka yang berhasil melewatinya akan menemukan dua jawaban, yaitu sukses dalam berbisnis, atau gagal dengan ratusan juta modal usaha hangus  begitu saja. Saya pribadi percaya, selama ada usaha yang maksimal disertai doa, kita akan jauh dari kata gagal.

Apakah berbisnis harus menunggu tua? Apakah berbisnis harus menunggu hidup dihimpit dengan kebutuhan? jawabannya ada pada diri masing-masing. Bagi saya pribadi, kita bisa memulai berbisnis saat kita sudah yakin dan memiliki keinginan untuk terjun di dunia tersebut mulai dari bisnis yang paling kecil sekalipun.

Banyak pebisnis muda sukses yang mendayagunakan waktu dan tenaganya untuk mengembangkan usaha pribadinya. Ada yang bergerak di bidang fashion, ada yang bergerak di bidang jasa percetakan, tour and travel, dan masih banyak lagi. Apakah para pebisnis muda itu tidak pernah gagal?. Hem, kata siapa. Sebelum mencapai puncak kesuksesan, ada kurva naik turun yang mereka jalani. Saat gagal mereka tidak terpuruk terlalu lama, melainkan langsung bangkit seketika itu juga.

Ada banyak keuntungan memulai bisnis  di usia muda. Usia muda mulai dari rentang belasan tahun hingga 20 atau 30an tahun, adalah masa dimana energi kita masih penuh, kekuatan kita masih full, semangat masih membara, dan keinginan untuk sukses yang amat sangat besar. Sukses di masa muda berarti kita memiliki kesempatan untuk sejahtera lebih dini dan lebih tenang saat usia merangkak tua. Apakah kalian termasuk para pemuda yang ingin menaklukkan ketakutan dan membuka bisnis sendiri? Yuk, wujudkan impian itu dengan tips ampuh berikut ini.

1. Berbisnis dengan Hati

Pada kehidupan kita, otak memberikan gambaran pemikiran yang logis dan realistis, sedangkan hati memberikan kita feel atau penjiwaan dalam melakukan sesuatu. Hati menentukan apakah kita suka dan tidak suka  terhadap sesuatu itu. Jika ingin memulai berbisnis, berbisnislah dengan hati. Berbisnislah sesuai dengan kesenangan, sesuai dengan apa yang kamu suka. Bagi kamu yang bukan tipikal pribadi moody dan orientasi akhirnya adalah pada pendapatan, tidak jadi masalah berbisnis apa saja.

Beda lagi dengan kamu yang mudah berubah mood-nya, selektif memilih bisnis sangat penting agar nantinya kamu tidak mudah bosan, tidak mudah jenuh dengan apa yang sudah dirintis susah payah saat ini. Boleh jadi proses seleksi tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak masalah, asalkan kita memulainya dengan rasa mantap, dengan rasa yakin dan rasa suka terhadap bisnis itu. Memulai bisnis berdasarkan rasa suka membuat kita enggan untuk coba-coba atau beralih saat bisnis yang kita tekuni belum mencapai puncak kesuksesan.

2. Ulet dan Sabar Mulai dari Hal yang Paling Kecil

Kesuksesan tidak datang secara instan, apalagi jika kita adalah perintis dan bukan pewaris. Menjadi pelopor terwujudnya sebuah bisnis membutuhkan keuletan dan kesabaran untuk melakukannya. Kamu bisa memulainya mulai dari hal-hal yang paling kecil untuk sampai di puncak kesuksesan. Abaikan gengsi, fokus pada tujuan berbisnis yang telah kamu buat. Bersabar dalam merintis bisnis sangatlah penting selain keuletan dan ketekunan yang kita butuhkan selama berproses mulai dari proses perintisan hingga sukses.

3. Pikiran, Perkataan, dan Perilaku Positif

Membiasakan diri untuk melakukan hal-hal positif mari kita mulai dari sekarang. Kebiasaan melakukan hal yang positif itu dimulai dari pikiran yang baik, perkataan yang baik dan perilaku yang baik. Singkatnya, menjadi pebisnis tidak hanya untuk mendapatkan profit, tetapi menjadi pebisnis berarti kita siap untuk menjadi pribadi yang positif. Hal-hal yang baik membawa kepada kesuksesan. Pikiran yang baik membantu membaca hikmah dari kegagalan yang dialami. Perkataan yang baik akan menarik orang lain untuk mendekat dan ingin mendengarkan petuah lebih jauh lagi. Sedangkan perilaku positif akan menjadi tauladan bagi orang lain yang menyaksikan.

Dalam berbisnis, pikiran positif membawa kepada ke-optimis-an dalam mengarungi naik turunnya bisnis yang dijalankan. Sama halnya dengan perkataan positif dan perilaku positif yang membawa aura positif bagi diri sendiri dan menarik orang lain untuk mendekat, baik itu mitra bisnis maupun staf yang terlibat dalam bisnis itu. Kebiasaan positif tersebut perlu pembiasaan sejak dini. Sukses berbisnis di usia muda salah satu syaratnya adalah dengan menjalankan karakter positif tersebut.

4. Pandai Membaca Peluang

Kamu mungkin ingin menjalankan banyak jenis bisnis sekaligus. Diantara banyaknya bisnis itu, ada yang bisa langsung diterapkan dan ada yang di luar jangkauan. Ambil peluang yang sekiranya mudah dan bisa dilakukan dalam waktu dekat. Meski secara passion kamu kurang berminat, tidak ada salahnya jika kamu bernegosiasi dengan diri sendiri untuk bersedia memulai berbisnis dengan jenis bisnis itu. Nanti, ketika bisnis yang kita geluti sudah berkembang, kita bisa merambah bisnis lain yang sesuai dengan harapan.

5. Mulai Bisnis dengan Support dari Mentor

Tidak ada yang salah dengan cara belajar otodidak. Namun akan lebih baik lagi untuk tahap perintisan, kita memulai bisnis dengan bimbingan dari expert berpengalaman atau dari mentor. Dari para pembimbing, kita akan mendapatkan referensi mengenai cara berbisnis yang benar, cara memilih bisnis yang bagus prospeknya, cara mengendalikan diri saat sedang up and down, dan masih banyak lagi. Dengan dukungan dari mentor, mereka akan setia berbagi pengalaman yang dimilikinya saat menjalankan bisnis mulai dari tahap perintisan hingga suskes seperti saat ini.

6. Maksimalkan Dunia Maya

Fungsi dunia digital saat ini sudah tidak diragukan lagi. Kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai tujuan, seperti untuk mendapatkan informasi yang informatif dan mendidik, sampai pada promosi dan berbisnis dengan profit yang menjanjikan.

Dunia maya memberikan banyak sekali kemudahan pada kita. Diantaranya adalah mendapatkan referensi berbisnis dengan prospek yang bagus, bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut dengan baik, dan bagaimana cara melakukan marketing melalui media online. Meski tanpa mentor real, atau tanpa melalui workshop offline, kita bisa berbisnis dengan referensi yang kita peroleh dari dunia maya.

Menariknya lagi, marketing yang dilakukan melalui dunia maya cukup luas jangkauannya dan ini meningkatkan kesempatan kita untuk meraup profit berkali-kali lipat dalam waktu yang singkat. Sudah banyak bukti, anak remaja yang berbisnis melalui dunia maya mendapatkan income fantastis meski dilakukan tanpa modal sekalipun. Kehadiran dunia maya sangat mempermudah siklus berbisnis yang kita rancang saat ini.

7. Kreatif dan Inovatif

Berbisnis dengan tema produk atau jasa yang sama dengan banyak pebisnis pada umumnya tidak ada sesuatu yang spesial yang membuat calon konsumen tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Ketika akan terjun ke dunia bisnis, mari kita survey dan observasi kira-kira apa yang sedang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Setelah menemukan produk atau jasa yang potensial untuk dijual, langkah selanjutnya adalah dengan menawarkan sesuatu yang unik dari bisnis tersebut, seperti dengan menawarkan kemasan produk yang menarik, adanya varian rasa yang ditawarkan, diproduksi dengan bahan alami yang aman, pelayanan yang super ramah dan cepat, harga yang bersaing, dan masih banyak lagi. Saat produk atau jasa yang kita pilih berbeda dari mayoritas pebisnis, dan ada keunikan di dalamnya, mudah bagi kita untuk mendapatkan atensi dari pasar secara luas.

8. Cari Mitra Bisnis yang Sejalan

Bisnis dengan skop yang lebih besar tentu tidak bisa kita handle sendiri. Tenaga dan waktu yang kita miliki terbatas sehingga output yang kita dapatkan tidak akan maksimal. Dalam lingkup bisnis yang masih kecil, memang sebaiknya kita meng-handle-nya sendiri mengingat profit yang kita dapatkan belum seberapa. Beda lagi dengan skop bisnis menengah ke atas yang berhubungan dengan banyak klien, kita membutuhkna mitra yang sejalan untuk menyukseskan bisnis tersebut.

Tugas kita adalah selektif dalam memilih mitra bisnis. Kita bisa observasi partner yang memang sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Setelah terpilih, cobalah untuk memberikan kepercayaan padanya dan memberikan rasa nyaman sehingga mitra akan nyaman bekerja sama dengan kita.

9. Berani Dalam Berbisnis

Berbisnis tidak lepas dari adanya risiko yang harus kita ambil. Laba-rugi, rame-sepi adalah bagian dari berbisnis yang harus kita hadapi. Seorang pebisnis harus berani mengambil risiko. Keberanian itu yang akan menyibak rahasia kesuksesan yang akan kita dapatkan selama berbisnis. Akan banyak gesekan dari pengambilan risiko tersebut namun ini adalah hal yang wajar dalam berbisnis dan kita harus menyadari bahwa ini adalah bagian dari bisnis yang harus dilalui.

10. Lakukan Segala Sesuatu Secara Optimal

Melakukan segala sesuatu secara maksimal akan berbeda inputnya dengan melakukan sesuatu dengan setengah-setengah. Dalam berbisnis, yuk kita curahkan energi, tenaga, dan waktu yang kita miliki secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang optimal. Ke-optimal-an itu kita butuhkan sambil mengasah kemampuan berbisnis yang meliputi produksi produk atau jasa, marketing, dan membangun relasi bisnis, serta pelayanan yang bagus terhadap klien. Elemen penting dalam berbisnis ini perlu kita perhatikan dengan baik agar hasilnya maksimal.

Berbisnis di masa muda memberikan banyak keuntungan. Diantaranya adalah kamu akan mencapai kesejahteraan saat masih muda, dan masa-masa muda tidak terbuang sia-sia. Banyak pemuda yang ingin memulai berbisnis. Akan tetapi mereka berada di bawah bayang-bayang ketakutannya sendiri sehingga tidak berani mewujudkan keinginan untuk menjadi entrepreneur sukses saat ini. Atasi ketakutan dan kekhawatiran dalam berbisnis dengan 10 tips diatas. Mari kita jalankan segala sesuatunya dengan maksimal sehingga bisnis yang kita rancang akan berjalan maksimal.

Posting Komentar untuk "Sukses Berbisnis di Usia Muda, Yuk Terapkan 10 Jurus Jitu Berikut Ini!"