Apa Itu WordPress? Pengertian WordPress serta Kelebihannya

Foto oleh Markus Winkler dari Pexels

OMPalu.com – WordPress adalah platform berbasis PHP dan MySQL untuk membuat blog dan website dengan berbagai fungsionalitas. Saat ini, WordPress juga menjadi sistem manajemen konten (CMS) yang menaungi lebih dari 35% website di dunia, dan persentase ini masih akan terus meningkat.

 

CMS sendiri merupakan aplikasi berbasis website. Baik pemilik website maupun editor dan pembuat konten bisa mengelola website dan memublikasikan konten mereka melalui aplikasi ini tanpa harus menguasai pemrograman terlebih dulu.

 

Pada umumnya, CMS digunakan untuk blogging. Namun, WordPress bisa dimodifikasi menjadi website eCommerce (atau yang biasa kita sebut toko online), website portofolio, koran online, dan lain sebagainya.

 

Salah satu keunggulan platform ini adalah software antarmukanya yang intuitif dan user-friendly. Jika sering menggunakan Microsoft Word, Anda pasti akan sangat familiar dengan halaman editor WP. Anda bisa langsung menulis dan mempublikasikan postingan tanpa ribet berkat sistem antarmukanya yang simpel.

 

 

WordPress bersifat open-source dan gratis untuk semua penggunanya. Dengannya, hampir semua orang di seluruh dunia bisa membuat website yang berkualitas, memiliki tampilan modern, dan tentunya punya fitur yang beragam.

 

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

 

WordPress ramah pemula karena mudah digunakan. Di sisi lain, karena banyaknya tool yang canggih dan dapat dimodifikasi, WordPress juga diperuntukkan bagi user profesional dan web developer. Berikut beberapa poin yang jadi kelebihan dan kekurangan CMS WordPress.

 

Kelebihan WordPress

 

  1. Biaya rendah. Anda hanya perlu berlangganan layanan hosting dan membeli domain. Plugin, tema, dan software WordPress itu sendiri bisa langsung digunakan secara gratis.
  2. Kemudahan setup dan update. Tidak seperti CMS lainnya, WordPress tidak butuh banyak konfigurasi dan dapat diperbarui hanya dengan sekali klik.
  3. Gampang dikelola. Anda tidak harus menguasai pemrograman untuk melakukan tugas harian, misalnya menulis dan menyunting postingan, mengunggah dan menyunting gambar, mengelola user, menambah menu, dan menginstall plugin dan tema.
  4. Desain yang dapat disesuaikan. WordPress memiliki ribuan tema yang bisa langsung digunakan. Pilih tema dan sesuaikan tampilan desain dengan niche blog atau website. Ada banyak tema untuk semua jenis website, misalnya tema restoran, tema dunia kesehatan, tema bisnis kecil, tema blog makanan, dll.
  5. Penambahan fungsi. WordPress menyediakan plugin untuk semua fungsi yang ingin Anda hadirkan di website. Misalnya, ada plugin untuk optimasi mesin pencari dan ada juga plugin untuk pemesanan acara.
  6. Komunitas yang besar. Karena banyak yang menggunakan WordPress, komunitasnya pun besar dan tersebar di sejumlah negara. Apabila ada kendala atau ingin bertanya seputar WordPress, Anda bisa bertanya langsung ke komunitas lokal yang ada atau mencari sumber lain di internet.
  7. Open-source. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk bisa menggunakan software WordPress.

 

Kekurangan WordPress

 

  1. Keamanan yang rendah. Lebih dari 35% website dibuat di WordPress, dan ini menjadikannya rentan terhadap peretasan. Amankan website Anda dengan menginstall plugin keamanan.
  2. Konten dari layanan pihak ketiga. Sebagian besar plugin dan tema dikembangkan oleh developer pihak ketiga. Tak heran kalau ada kesalahan atau bug. Saran kami, selalu baca deskripsi dan review user sebelum menginstall plugin atau tema baru. Jangan sungkan untuk bertanya ke komunitas WordPress jika tidak yakin dengan keamanan plugin atau tema yang dipilih.
  3. Waktu loading. Menginstall banyak plugin akan memperlambat kecepatan loading webiste. Salah satu solusi untuk mengurangi waktu loading adalah dengan menginstall plugin cache.

 

Kesimpulan

 

Kini Anda sudah tahu apa itu WordPress dan pengertian WordPress. WordPress adalah platform yang bisa digunakan untuk membuat semua jenis website maupun untuk membuat blog. Anda bisa memamerkan hasil karya dengan membuat website portofolio, atau bahkan mengunggah video tutorial melalui platform ini. Banyaknya komunitas dan sumber internet memberi Anda kemudahan dalam mempelajari CMS WordPress.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Mulai buat website Anda dengan platform ini sekarang juga dan nikmati segala kemudahan yang ditawarkannya! (Penulis : Ariata C. | Sumber : Hostinger)

 


 

Atau Anda membutuhkan bantuan untuk menbuat situs web dari platform ini? Jangan ragu yah untuk menghubungi Kami, sebisa mungkin akan Kami bantu dan menyelesaikan permasalahan yang Anda miliki. Terima Kasih.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

Tinggalkan Komentar