Desa harus punya Website, Kenapa?

Bagikan tulisan ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

OMPalu.com – Perkembangan Teknologi Informasi di era digitalisasi dan serba terhubung oleh internet seperti sekarang sangatlah cepat, itu dapat kami buktikan sendiri dengan banyaknya permintaan pembuatan Website yang dimiliki oleh pribadi, pemerintahan maupun bisnis.

Dalam era revolusi 4.0 ini, sebuah Desa pun harus segera berbenah. Mau tak mau harus mengikuti perkembangan agar tidak tergilas. Tujuannya jelas, agar desa tidak lagi dianggap kuno dan ketinggalan zaman, sehingga pelayanannya pada masyarakat bisa cepat dan tepat.

Masyarakat Desa juga perlu untuk memanfaatkan teknologi tersebut. Kenapa? Karena Masyarakat Desa juga perlu mendapatkan informasi dalam setiap perkembangan, sehingga nantinya dapat memenuhi kebutuhan serta mendapatkan manfaat dalam kegiatan perekonomian maupun yang lainnya.

Secara sederhana Website Desa tersebut biasanya dimiliki oleh sebuah desa dan dikelola oleh perangkat desa itu sendiri. Namun kita semua tahu dan bahkan sampai sekarang menganggap bahwa desa adalah sebuah tempat atau daerah tertinggal atau terpencil yang sepertinya untuk memiliki sebuah website saja itu bisa sangat luar biasa.

Eiittsss.. Jangan sembarangan yah, desa sekarang haruslah mengikuti kemajuan teknologi! Saya pun masyarakat desa, semuanya kan dari desa dulu barulah jadi kota, adakah Kota yang langsung jadi ramai dipenuhi lampu dan tertata apik tanpa melalui proses infrastruktur yang cukup panjang sehingga bisa dikatakan Kota? Tentu tidak seperti itu.

Nah.. maka dari itu baiknya kita sebagai masyarakat desa yang baik haruslah punya keinginan untuk membangun desanya dari segi apapun sehingga nantinya desa yang kita cintai bisa semakin maju dibidang apa saja kedepannya.

Terkait dengan yang kami sebutkan diatas, penggarapan dan pembuatan website Desa sekarang ini juga ditanggapi dengan sangat serius oleh pemerintah, itu semua adalah bukti dari pengakuan kedudukan sebuah desa oleh pemerintah. Berikut Peraturannya sengaja OMPalu.com bubuhkan dalam artikel ini agar menjadi pedoman kita bersama

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015

Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018

Ditunjang dengan adanya dana desa, hingga undang-undang tentang desa yang dapat membuat desa semakin “menasional”. Hal ini juga dibuktikan dengan peluncuran Domain desa.id yang merupakan ekstensi domain tingkat kedua yang dibuat khusus untuk desa jika ingin membuat websitenya. Domain ini dikelola langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang diluncurkan sejak tanggal 1 Mei 2013.

Dengan kondisi itulah maka membuat website untuk sebuah pedesaan menjadi kewajiban bagi sebuah desa untuk nantinya menjadi pendukung terselenggaranya arus informasi yang sehat dalam desa sehingga dapat menjadi lebih terarah dan juga konstruktif bagi masyarakat desa.

Berbicara soal website untuk desa ini, apa saja sih yang membuat sebuah website sangat penting untuk sebuah desa? Kenapa sekarang ini website wajib dan harus dimiliki oleh desa? Selain yang sudah disebutkan OMPalu.com di atas, berikut adalah beberapa alasan lain kenapa desa wajib memiliki sebuah website.

Promosi Potensi dan Informasi Lokal

Kebutuhan akan informasi sekarang tidak lagi mesti melalui televisi ataupun radio lokal, ada keterbatasan pada media tersebut yaitu sulit untuk dibagikan kepada mereka yang tidak mendengar ataupun melihatnya.

Website desa hadir sebagai pusat informasi lokal. Website desa sebagai arus informasi lokal juga bisa dimanfaatkan sebagai poros informasi dari perangkat desa terhadap masyarakat desa. Segala bentuk sosialisasi, undangan, dan berbagai macam informasi dan kepentingan lainnya bisa disampaikan dengan menggunakan website ini sehingga warga dapat melihat dan menjangkaunya kapan saja.

Website desa juga difungsikan sebagai sarana promosi bagi sumber daya alam, website desa dapat menampilkan lokasi indah dan asri di desa kita sehingga nantinya bisa menjadi objek wisata dan lokasi yang bisa dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, tulisan dan informasi yang dicantumkan pada website desa dapat dibaca dan dibagikan melalui media sosial, sehingga wisatawan lokal maupun mancanegara dapat mengunjungi desa tersebut, dan dapat menjadi sumber pendapatan desa.

Publikasi Kegiatan Desa

Website desa dapat dimanfaatkan sebagai media silaturahmi antara perangkat desa dengan warganya. Pesan dari kepala desa bisa disampaikan secara masif kepada warga desa maupun antar Desa, dengan demikian desa selalu dapat terhubung antara desa yang satu dengan lainnya.

Warga masyarakat desa pun jadi tahu akan perubahan kampung halamannya saat itu dimanapun mereka berada, dengan memposting informasi kegiatan, pembangunan dan kemajuan desa tersebut pada websitenya, belum lagi jika website desa tersebut memiliki informasi tambahan yang dapat diketahui oleh semua orang dan mungkin dapat menjadi keunikan tersendiri bagi desanya seperti sejarah dusun, sejarah desa, dan banyak lagi lainnya.

Menangkal Hoax dan Berita Bohong

Selain sebagai media yang memberikan berbagai macam informasi lokal, website desa juga dapat digunakan sebagai pusat informasi untuk koordinasi terkait keamanan sebuah desa, dengan demikian siskamling yang umumnya diadakan antar RT atau RW bisa ditingkatkan lebih jauh menjadi tingkat desa.

Informasi melalui internet sangat cepat dan tidak dapat dibendung kecuali dengan konfirmasi. Dengan memanfaatkan website atau blog desa, pengelola dalam hal ini perangkat desa bisa menginformasikan dan mengkonfirmasikan kepada masyarakat tentang kabar atau informasi yang benar dan mana yang bohong alias hoax, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang sekiranya dapat merugikan warga.

Branding Image Desa

Sungguh menjadi sebuah kebanggaan bagi perangkat desa maupun masyarakatnya jika sebuah desa, apalagi desa terpelosok, namun memiliki sebuah website. Terlebih lagi jika website tersebut memiliki tampilan yang cukup professional dengan konten yang informatif dan berkualitas, tentu citra dan pandangan sebuah desa yang memiliki website sudah pasti akan terangkat naik.

Mereka yang berkunjung ke website desa tersebut pastinya akan terkesima, dan mungkin akan berkata “wah ternyata desa ini bisa bagus dan keren seperti ini yah!, pasti wisatanya juga menarik”. Adanya sebuah website desa juga dapat menjadi indikator kualitas perkembangan sebuah desa dan juga masyarakatnya.

Peningkatan Sumber Daya Manusia

Website desa juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana peningkatan SDM Desa. Peningkatan SDM desa yang diincar adalah penggunaan website sebagai media yang menyediakan berbagai asupan yang sesuai dengan karakteristik desa.

Asupan yang bisa diberikan untuk warga desa bisa berupa pelatihan melalui video guna yang berhubungan dengan pekerjaan warga desa seperti seputar pertanian, peternakan, dan lain sebagainya. Konten dan materi pada website desa bisa berisi edukasi tentang teknologi yang bisa di pelajari dan diterapkan oleh masyarakat desa, sehingga warga bisa mengenal teknologi yang bermanfaat.

Dengan adanya website desa ini, diharapkan masyarakat pedesaan juga dapat melek IT atau dapat memahami bahwa internet bisa dimanfaatkan selama mengetahui batasannya. Dengan demikian desa diharapkan mampu berkembang lebih maju dan tentunya warganya dapat lebih sejahtera dan makmur.

Galeri Foto dan Video

Para warga masyarakat desa yang mungkin berada diluar kota, baik yang bekerja, merantau, ataupun menetap diluar wilayah, tentu penasaran dengan kondisi kampung halamannya yang mungkin sudah tidak dikunjungi.

Nah, dengan adanya website desa, mereka bisa melihat kondisi terkini kampung halamannya melalui galeri foto dan video yang ada. Seperti apa perubahannya, perkembangannya, kemajuannya, siapa Kepala Desanya atau Lurahnya, dan banyak lagi yang lainya.

Transparansi Dana Desa dan Statistik Kependudukan

Pada Kantor desa biasanya ada infografis yang bertuliskan rincian dana desa yang ada, baik itu berupa pemasukan ataupun pengeluaran. Rincian Dana tersebut biasanya didapat dari pajak, usaha pariwisata, dan mungkin dari hasil lainnya.

Menurut OMPalu.com, informasi tersebut sebaiknya ditaruh atau dimasukkan pada sebuah website desa agar warga bisa melihatnya dengan mudah. Dana desa lainnya mungkin seperti program bedah rumah, program PKH, dan lain sebagainya juga penting untuk di ketahui warga.

Selain itu, website desa dapat menampilkan statistik lengkap data kependudukan. Seperti data penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin, data pendidikan, data agama, data pekerjaan, data pekerjaan, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya. Kemudian ada struktur organisasi Desa, Susunan kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa dan data-data lainya, sehingga warga desa jadi tahu seperti apa data kependudukan yang ada di desanya dengan lebih mudah.

Pusat Informasi dan Layanan Administrasi Kependudukan

Seringkali warga masyarakat desa merasa bingung saat akan mengurus identitas kependudukan, misal seperti KTP, SKCK, Kartu Keluarga, surat pindah, dan lain sebagainya. Apa saja persyaratannya kadang warga lupa atau tidak paham sama sekali. Dengan adanya informasi tentang persyaratan administrasi tersebut yang diposting melalui website desa tentunya akan sangat membantu warga masyarakat begitu juga perangkat desa untuk menginformasikan sehingga lebih mudah, hemat waktu dan dapat diakses kapan saja.

Dengan demikian website desa bisa menjadi sumber data lengkap untuk desa dimana kita semua dapat menerima dan berbagi informasi yang jelas dan bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat.

Dengan informasi diatas kita telah mengetahui mengenai pentingnya sebuah website desa, tetapi ada satu lagi informasi yang harus diketahui bagi kita semua yaitu jasa pembuatan website desa, ada banyak jasa pembuatan dan desain website yang bisa Anda dapatkan diluaran sana, namun dari banyaknya jasa yang ada OMPalu.com sendiri adalah jasa desain dan pembuatan website yang profesional, berkualitas dan sudah terpercaya mengerjakan website pribadi, pemerintah maupun bisnis di Kota Palu Sulawesi Tengah.

Informasikan dan konsultasikan kebutuhan Website Desa Anda kepada Kami, klik tombol konsultasi gratis yang ada pada halaman depan situs ini, mari kita bahas seperti apa perkembangan desa yang Anda harapkan melalui Website yang akan Kami buatkan hanya untuk Desa Anda yang tercinta!

Cari informasi lebih banyak :

Do You Want To Boost Your Business?

Hubungi Kami sekarang!