Pernah dengar HTTP atau HTTPS? Berikut penjelasannya

Bagikan tulisan ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

OMPalu.com – Pernahkah kita mendengar tentang HTTP ataukah HTTPS? Berikut akan Kami coba bahas secara lengkap, walaupun tidak detail sekali karena takut terlalu rumit dan susah dimengerti nantinya oleh kita semua.

Disini kita akan mencoba membahasnya dimulai dari pengertian, perbedaan, serta keuntungan menggunakan HTTPS dengan bahasa yang agak lebih sederhana.

Kita sering menggunakan gadget atau komputer PC dan Laptop kita untuk berbelanja online atau sekedar mengunjungi situs untuk mencari informasi? Pasti pernah kan! Nah, Pada saat URL situs yang kita kunjungi telah terbuka pada Web Browser (peramban) di bagian nama dari domain Toko Online atau Website tersebut biasanya akan terlihat icon gembok, dan biasa juga berwarna hijau dan tulisan https sebelum nama domain. Fungsi dari gembok itu berguna untuk melindungi informasi pribadi Anda, sehingga tidak akan ada seorang pun yang dapat mengetahui isi informasi yang anda ketikkan atau tuliskan pada website yang anda kunjungi tersebut, kecuali Anda tentunya.

Contoh : Ketika Kita melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran pada website belanja online, data penting dari kartu kredit tersebut akan sulit diketahui oleh pihak ketiga, atau data pribadi seperti informasi tentang diri Anda dan lain sebagainya jika situs tersebut menyediakan form untuk biodata.

Berbeda jika website yang Anda kunjungi dan gunakan untuk melakukan transaksi online masih menggunakan http, data Anda akan sangat rawan dan rentan untuk disalahgunakan.

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, beliau ini hehehe.. Adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web.

Sedangkan untuk HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. HTTPS juga menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) ketika akan mengirim dan menerima data, dengan koneksi yang dienkripsi oleh protokol SSL/TLS (Transport Layer Security).

Wow! agak belibet yah penjelasannya tetapi namanya penjelasan yah seperti itu mesti agak detail walaupun sudah kami coba gubah sedikit tanpa mengurangi arti sebenarnya, seperti yang kami sadur dari halaman wikipedia.org, untuk lebih lengkapnya silahkan di cari langsung pada mesin telusur (search engine) andalan Kita masing-masing. Untuk ini OMPalu.com tetap mengandalkan OM Google lah.

Oke dilanjutss..

Cara Kerja dari protocol HTTP dan HTTPS :
Perbedaan cara kerja HTTP dan HTTPS juga dapat terlihat ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, sebuah browser yang normal dan berfungsi dengan baik biasanya akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS, dan jika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake, yaitu Browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid, dan selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi. Apabila sertifikat dinyatakan valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi anda pada website tersebut melalui internet sudah dalam kondisi aman, dan ditandai dengan gembok berwarna hijau serta tulisan https:// sebelum nama domain.

Setelah OMPalu.com menjelaskan itu semua pastilah Anda bertanya, apa sih Keuntungannya menggunakan HTTPS dibanding dengan tetap menggunakan HTTP? Haaaaa… ini.. ini.. yang harus kita semua mengerti dan pahami dengan baik. Selain banyaknya beda antara HTTP dan HTTPS yang telah dijelaskan diatas, perbandingan utamanya terletak pada keuntungannya!

Banyak manfaat yang akan Kita dapatkan jika website kita atau website yang kita kunjungi menggunakan HTTPS, berikut kami jelaskan sedikit keuntungannya :

1. Untuk SEO (Search Engine Optimization)
Seperti yang diumumkan oleh OM Google di tahun 2014, jika HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangking sebuah website. Meski demikian, rangking website juga tidak akan berubah secara signifikan atau tiba-tiba jika Kita mengubah website milik kita ke HTTPS. Hal tersebut adalah untuk efek jangka panjang mengenai user experience (pengalaman pengguna) dan membangun kepercayaan kepada pelanggan di masa depan. Sehingga untuk berpindah atau berubah dari HTTP ke HTTPS adalah hal yang sangat perlu dilakukan.

Mungkin saja sewaktu browsing dengan asyiknya di Internet Anda melihat pesan “not secure” ketika mengunjungi sebuah halaman pada website, bisa jadi pada saat akan melakukan login atau memasukkan data tertentu.

Untuk Kami pribadi, ini khusus Kami yah, kalau yang lain ingin ikutan yah gak dipaksa.. hehehe, demi menjamin kesehatan gadget atau laptop yang kami gunakan dan tidak ingin terpapar dengan website phising, hacking, dan lain-lain sejenisnya, sudah pasti kami lebih baik vaya con dios my friend dan pindah browsing website lainnya.

Hal ini sudah pasti berakibat kepada jumlah pengunjung sebuah website yang pastinya akan berkurang, dan berakibat menurunnya rangking website Anda. Apalagi Beberapa browser saat ini akan menampilkan pesan tersebut. Seperti Google Chrome, sebagai browser andalan kami, sejak Bulan Januari 2017 selalu akan menandai website yang masih menggunakan HTTP untuk mengirim password atau kartu kredit, sebagai website yang TIDAK AMAN (not secure).

Jadiiii.. Dengan menggunakan Protocol HTTPS, website Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat terbaik pada hasil pencarian Google, tentu saja tetap bergantung pada konten yang anda miliki, seberapa bermanfaatkah bagi pembaca.

2. Untuk para Pengguna (Pengunjung situs)
Pengguna internet memiliki hak privasi, terutama ketika mereka mengunjungi sebuah website. Dengan menggunakan HTTPS, data kita sebagai pengunjung akan lebih aman ketika berinteraksi melalui website dengan Protocol HTTPS, seperti input data pribadi berupa password atau data lainnya. Komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi, sehingga data user yang dikirimkan akan lebih aman. Sehingga tingkat kepercayaan pengunjung akan meningkat yang pada akhirnya memperbesar peluang konversi pada website Anda.

Kesimpulannya
Menggunakan HTTPS saat ini adalah hal yang penting, meskipun website yang Kita miliki tidak menangani komunikasi yang sifatnya sensitif. Selain dapat melindungi informasi data user dan website, HTTPS juga dibutuhkan untuk fitur baru aplikasi web progresif, dan mungkin Anda sering membaca atau mendengar jika menggunakan HTTPS adalah salah satu penentu rangking website? Yes! Bisa OMPalu.com katakan, Iyah benar! Itu salah satu faktor pendukungnya!.

Setelah membaca informasi ini, OMPalu.com berharap Kita semua dapat memahami perbedaan HTTP dan HTTPS beserta keuntungan dan fungsinya pada sebuah website. Baiklah cukup sekian dulu, jika Anda punya masukkan, kritik dan saran mungkin? atau pertanyaan, jangan ragu untuk memberi komentar melalui kolom komentar yang tersedia. Atau bisa juga via Tombol Hijau disebelah kiri pada halaman depan situs ini untuk berkonsultasi gratis (Free Consultation)

Terima Kasih…

Cari informasi lebih banyak :

Do You Want To Boost Your Business?

Hubungi Kami sekarang!